Larangan untuk makan dengan tidak tergesa-gesa yang telah disampaikan oleh Rasulullah kepada umatnya bukanlah tanpa sebab. Karena jika kita makan tergesa-gesa ada Bahaya Yang Mengintai Akibat Makan Tergesa-gesa

Selamat datang di salah satu situs Alfian Herbal agen resmi Green World yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Bahaya Yang Mengintai Akibat Makan Tergesa-gesa

Bahaya Yang Mengintai Akibat Makan Tergesa-gesa

Bahaya Yang Mengintai Akibat Makan Tergesa-gesa — Makan adalah sebuah kebiasaan yang menjadi kebutuhan wajib. Makan bertujuan untuk memberikan asupan energi dan nutrisi untuk tubuh, kegiatan makan dilakukan tiga kali dalam sehari diantaranya adalah; sarapan, makan siang dan makan malam. Memilih maka makanan yang mengandung gizi tinggi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Sebelum masuk ke dalam sistem pencernaan di perut, makanan harus dikunyah dalam mulut dengan lembut. Tujuannya untuk meringankan kinerja pencernaan bagian dalam. Makan terlalu cepat dan terburu-buru dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jadi semakin lembut makanan dikunyah, maka usus lebih mudah untuk menyerap nutrisi di dalamnya.

Nutrisi dalam makanan akan diubah menjadi energi dan kebutuhan tubuh yang lain. Jadi masalahnya di sini, bukanlah seberapa banyak makanan yang mampu anda telan tapi bagaimana mulut mengunyah makanan tersebut. Sedikit makanan yang dikunyah dengan lembut, lebih baik daripada makan terlalu banyak yang dilakukan dengan tergesa-gesa.

Bahaya makan terlalu cepat

Untuk menghabiskan satu porsi makanan berat, misalnya makan siang atau makan malam, Anda membutuhkan waktu kira-kira 20 menit. Kalau biasanya Anda bisa menghabiskan sepiring makanan dalam waktu 10 menit atau bahkan kurang dari itu, berarti Anda makan terlalu cepat. Inilah bahayanya jika Anda terbiasa makan cepat-cepat.

  • Tersedak

Saat Anda makan cepat-cepat, Anda berisiko tersedak karena makanan belum dikunyah secara sempurna. Meskipun tersedak merupakan kejadian yang cukup umum, sebaiknya jangan menyepelekan kasus ini. Apabila makanan tersangkut di kerongkongan, saluran napas Anda akan terhambat dan Anda jadi tak bisa bernapas. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini bisa menyebabkan kematian. Bahkan mungkin sejak kecil orang tua Anda sudah pernah mengingatkan bahayanya makan cepat-cepat, jadi sebaiknya Anda mengindahkan nasihat klasik dari orang tua yang satu ini.

  • Pencernaan bekerja terlalu keras

Hampir sama dengan kasus tersedak, kalau Anda makan cepat-cepat biasanya makanan belum dilumatkan sampai halus di mulut Anda. Anda pun akan menelan makanan yang masih keras. Akibatnya, usus Anda jadi harus bekerja jauh lebih keras lagi untuk melumatkan dan mencerna makanan Anda. Jika pencernaan bekerja terlalu keras, usus pun kesulitan untuk membersihkan diri dan meregenerasi sel-sel yang membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh. Karena itu, besar kemungkinan makanan tidak tercerna dan terserap tubuh dengan maksimal sehingga meninggalkan sisa-sisa zat dan racun dalam tubuh Anda.

  • Makan terlalu banyak

Tubuh Anda sebenarnya memiliki sistem sendiri untuk mengingatkan bahwa Anda sudah cukup makan. Sistem saraf dan hormon yang bekerja dalam saluran pencernaan Anda akan mengirimkan sinyal pada otak bahwa Anda sudah kenyang. Namun, jika Anda makan cepat-cepat, otak belum sempat menerima peringatan dari saluran pencernaan bahwa Anda sudah kenyang. Akibatnya, meskipun Anda sudah cukup makan, Anda belum merasa kenyang juga. Inilah yang menyebabkan Anda jadi makan terlalu banyak. Kebanyakan makan akan membuat perut terasa begah atau sakit. Selain itu, berat badan pun lebih cepat naik.

  • Meningkatkan kadar kalori

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the American Dietetic Association mengungkap bahwa mereka yang makan cepat-cepat cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dibanding mereka yang makan pelan-pelan. Dalam studi tersebut, mereka yang makan cepat-cepat juga melaporkan bahwa tingkat kepuasan mereka tidak setinggi ketika mereka mencoba untuk makan pelan-pelan. Maka, Anda yang sedang ingin mengurangi kadar kalori atau mengurangi berat badan sebaiknya mulai makan lebih lambat dari biasanya.

  • Gangguan Pencernaan

Mengunyah makanan hingga lembut, akan memudahkan proses pencernaan makanan. Selain itu, akan meminimalisir udara yang ikut tertelan. Udara yang tertelan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sfingter esofagus membuka lebar, dan asam perut akan naik mencapai dada atau tenggorokan. Gangguan pencernaan yang ringan seperti mulas, perut kembung, nyeri, dll. Pada sebagian kasus, gangguan pada sistem pencernaan ini dapat berakibat serangan jantung.

Tips menghindari makan cepat-cepat

Beberapa orang sudah terbiasa untuk makan cepat-cepat. Maka, mengubah kebiasaan ini bukan hal yang gampang. Meskipun sulit, Anda tetap harus mulai melatih diri untuk makan lebih lambat guna menghindari berbagai bahaya makan terlalu cepat. Ikuti tips berikut ini supaya Anda bisa berlatih makan pelan-pelan dengan mudah.

  • Bila Anda biasanya memasukkan sesendok besar makanan ke mulut, kurangi jumlah makanan di sendok hingga setengahnya.
  • Setelah Anda menyendokkan makanan ke mulut, letakkan kembali sendok, garpu, dan pisau di meja. Pastikan bahwa selama Anda mengunyah, Anda tidak memegang sendok untuk menyiapkan suapan berikutnya.
  • Kunyah makanan Anda sampai lumat sepenuhnya, biasanya Anda harus mengunyah 5 hingga 10 kali untuk makanan lembut dan 20 sampai 30 kali untuk makanan padat dan keras.
  • Kalau sudah mengunyah sampai lumat, telan makanan sampai habis dan jangan menyuapkan makanan lagi sampai sisa makanan di mulut sudah tertelan bersih.
  • Setelah semua sisa makanan di mulut tertelan, barulah Anda bisa menyiapkan suapan berikutnya di sendok atau garpu makan Anda.

Nah, itulah Bahaya Yang Mengintai Akibat Makan Tergesa-gesa. Cara makan ternyata menunjukan pribadi seseorang dan mempengaruhi kesehatan tubuh. Mulailah makan dengan perlahan dan hati-hati. Kebiasaan makan yang baik merupakan salah satu bagian dari cara hidup sehat.

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Bahaya Yang Mengintai Akibat Makan Tergesa-gesa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>