Metabolisme melambat bisa disebabkan oleh Kebiasaan Yang Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat yang sering anda lakukan, tetapi Anda tidak menyadarinya.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa tercampur bahan kimia. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat

Kebiasaan Yang Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat — Lambatnya metabolisme mengarah ke penumpukan kalori. Setelah metabolisme melambat dan kalori menumpuk, kalori akan berubah menjadi lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan. Metabolisme adalah sistem dalam tubuh yang mengubah kalori menjadi energi. Banyak variabel yang berkontribusi terhadap metabolisme, termasuk faktor keturunan, jenis kelamin, dan usia.

Alasan mengapa metabolisme juga begitu penting adalah karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak berfungsi dengan baik. Selain faktor yang sulit dihindari tadi, Ahli Nutrisi Sidney Fry, MS, RD, menemukan penyebab utama lambatnya metabolisme yang tanpa sadar kita lakukan sehari-hari.

Penyebab metabolisme melambat

  • Anda tidak banyak melakukan aktivitas

Energi yang diterima oleh tubuh dari makanan akan digunakan oleh tubuh sebagai energi untuk menjalankan aktivitas. Lalu, bagaimana jika Anda hanya duduk saja satu hari penuh? Tubuh akan lebih sedikit membakar energi yang masuk, sehingga metabolisme Anda dapat berjalan lebih lambat.

Ya, gaya hidup yang hanya kebanyakan duduk atau biasa disebut sedenter dapat menyebabkan tingkat metabolisme Anda menurun. Saat Anda tidak berolahraga, tubuh Anda mampu menyimpan lemak lebih banyak dan metabolisme Anda akan berjalan lebih lambat. Jadi, tidak salah, jika Anda makan banyak sedangkan aktivitas Anda sedikit dan Anda memiliki berat badan berlebih.

  • Kalori yang masuk ke tubuh Anda terlalu sedikit

Mungkin Anda mengira jika Anda membatasi jumlah asupan makanan Anda, Anda mampu untuk menurunkan berat badan. Namun, di sisi lain, makan terlalu sedikit juga dapat menyebabkan metabolisme Anda menurun. Saat Anda menurunkan total asupan kalori Anda menjadi sangat sedikit dari biasanya, tubuh akan menganggap Anda sedang kelaparan, sehingga tubuh akan memperlambat pembakaran kalori dalam tubuh Anda.

Tingkat metabolisme Anda akan menurun jika Anda mengonsumsi jumlah kalori yang sangat sedikit, kurang dari 1200 kalori untuk perempuan (jumlah minimal kalori untuk mempertahankan fungsi tubuh normal). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita gemuk yang hanya mengonsumsi 420 kalori per hari selama 4-6 bulan memiliki tingkat metabolisme yang lebih lambat. Bahkan, ketika ia meningkatkan asupan kalorinya lagi selama 5 minggu, tingkat metabolisme mereka masih tetap lebih lambat dibandingkan dengan tingkat metabolisme yang dimiliki sebelum diet.

  • Anda membatasi asupan protein

Protein merupakan salah satu zat gizi yang Anda butuhkan untuk menjaga fungsi normal tubuh Anda. Banyak orang yang bilang bahwa saat diet sebaiknya asupan protein Anda ditingkatkan. Namun, tidak sedikit dari orang diet yang berusaha hanya memakan sangat sedikit makanan, sehingga asupan proteinnya juga kurang. Padahal, protein dapat meningkatkan metabolisme Anda sekitar 20-30%, dibandingkan karbohidrat yang hanya dapat meningkatkan metabolisme sebesar 5-10%, dan  lemak sebesar 3% atau kurang,

Walaupun diet yang sangat membatasi asupan makan dapat menurunkan tingkat metabolisme Anda, namun asupan protein yang tinggi dapat meminimalkan hal ini. Penelitian menunjukkan bahwa protein dapat membantu Anda merasa kenyang dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam membakar kalori.

  • Terlalu banyak konsumsi makanan berlemak

Lemak yang banyak masuk ke dalam tubuh Anda dan menumpuk dapat menyebabkan metabolisme Anda berjalan lebih lambat. Metabolisme yang berjalan lambat ini bertujuan untuk menyimpan lebih banyak cadangan lemak dalam tubuh. Akibatnya, hal ini menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan.

  • Terlalu banyak konsumsi minuman manis

Minuman manis memang mengandung gula yang diperlukan oleh tubuh kita sebagai sumber energi. Namun, terlalu banyak konsumsi minuman manis juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan, diabetes mellitus tipe 2 misalnya. Selain itu, sering konsumsi minuman manis juga dapat menurunkan tingkat metabolisme Anda. Sebuah penelitian tahun 2012 yang diterbitkan oleh European Journal of Clinical Nutrition sudah membuktikan hal ini. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi minuman manis dalam kemasan mengandung gula fruktosa selama 10 minggu mengalami penurunan tingkat metabolisme.

  • Anda kurang tidur

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko Anda terhadap berbagai macam penyakit dan juga kelelahan di keesokan harinya. Selain itu, beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memperlambat metabolisme Anda dan dapat menyebabkan Anda mengalami kenaikan berat badan.

Penelitian yang dilakukan Spaeth dan kawan-kawan tahun 2015, misalnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan tingkat metabolisme istirahat orang dewasa sehat pada pagi hari. Kurang tidur dapat membuat metabolisme karbohidrat dalam tubuh Anda terganggu, sehingga saat bangun tidur tubuh Anda masih mempunyai kadar gula darah yang tinggi.

  • Anda sering mengalami stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol Anda. Hal ini kemudian membuat nafsu makan Anda meningkat. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka Anda dapat mengalami kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini pada akhirnya dapat menyebabkan metabolisme tubuh Anda menurun.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Ya, obat-obatan tertentu dapat memperlambat metabolisme dalam tubuh Anda. Beberapa di antaranya adalah antidepresan, obat diabetes, steroid, dan terapi hormon. Jika Anda merasa mengalami kenaikan berat badan setelah mengonsumsi obat tersebut, mungkin obat tersebut mempunyai dampak terhadap metabolisme tubuh Anda. Jika Anda merasa terganggu dengan hal ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Itu dia Kebiasaan Yang Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat. Hal-hal diatas merupakan kebiasaan-kebiasaan yang sering sekali dilakukan oleh semua orang. Jadi hindarilah kebiasaan buruk diatas agar kesehatan tubuh anda lebih terjamin.

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Kebiasaan Yang Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>