Lebah tidak hanya menghasilkan madu, tetapi juga menghasilkan bee pollen dan lilin lebah alias beeswax. Sama halnya dengan madu, beeswax juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh manusia. Ini dia Manfaat Beeswax Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal, kami merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami menjualan barang asli 100% bukan barang tiruan, karena kami merupakan distributor resmi Green World Global.

Manfaat Beeswax Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Manfaat Beeswax Yang Belum Banyak Orang Ketahui — Beeswax atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai lilin lebah, adalah zat yang dikeluarkan oleh lebah pekerja muda untuk memperkokoh sarang. Bahan ini memiliki titik didih rendah sehingga secara tradisional telah lama dimanfaatkan sebagai lilin.

Selain dijadikan bahan pembuat lilin, beeswax juga sering dipakai sebagai poles. Produk-produk dari kayu, kulit, logam, hingga gading dulunya dirawat dengan lilin ini. Sebab ketika digunakan, beeswax memang bisa membuat warna lebih tajam. Kayu yang di-beeswax, misalnya, akan tampak seperti baru lagi setelah digosok dengan lilin ini.

Meski tak sepopuler madu, royal jelly, dan propolis, penggunaan beeswax di era modern sekarang ini juga cukup masig. Banyak poles modern berbahan beeswas yang muncul. Di Indonesia, kita kenal dengan pemoles Biopolish yang bahan utamanya adalah lilin ini. Selain Biopolish, beeswax pun sudah merambah bidang industri lain terutama kosmetik. Lilin ini biasa dipakai untuk membuat lip balm hingga lip gloss. Karena bisa bekerja dengan baik dan aman (bahkan untuk dimakan sekalipun), tak heran bahan ini banyak dicari-cari.

Manfaat Beeswax

  • Mengatasi peradangan kulit

Psoriasis dan eksim merupakan penyakit kulit yang membuat kulit menjadi gatal. Peradangan kulit kronis dapat terjadi ketika Anda mendapat penyakit ini. Beeswax merupakan pilihan yang tepat untuk beberapa kondisi kulit ini. Sama seperti madu, lilin lebah juga mengandung komponen antiperadangan, sehingga sangat baik digunakan untuk peradangan pada kulit. Sebuah penelitian yang dikutip oleh situs Draxe mengungkapkan madu dan campuran madu dapat digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada kulit.

  • Melembapkan kulit

Lilin lebah merupakan bahan yang bagus untuk melembapkan kulit. Inilah kenapa beeswax sering dijadikan sebagai salah satu bahan dan komposisi pada beberapa produk perawatan kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu menangkal radikal bebas, serta memperbaiki kulit yang kering, kasar dan pecah-pecah. Berdasarkan buku yang berjudul How to Use Beeswax and Honey to Cure Skin Problems karya Gene Ashburner, yang dikutip Draxe, lilin lebah kaya akan vitamin A dan emolien yang dapat melembutkan dan menghidrasi kulit.

Salah satu keuntungan menggunakan pelembap yang mengandung beeswax adalah produk ini tidak memberikan efek penyumbatan pada pori-pori. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakannya dengan menambahkan minyak jojoba, serta beberapa tetes minyak vitamin E dan lidah buaya (aloe vera).

  • Melindungi hati

Korean Journal of Internal Medicine, dipublikasikan pada tahun 2013, mengungkapkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam beeswax dapat membantu melindungi hati. Tidak hanya itu saja, kandungan alkohol pun ditemukan pada sarang lebah. Para peneliti memimpin sebuah studi yang menggunakan alkohol lilin lebah untuk mengevaluasi tingkat aman atau tidaknya jika digunakan oleh orang dengan penyakit hati. Setelah 24 pekan dapat disimpulkan bahwa lilin lebah dapat membantu fungsi hati berjalan normal dan menurunkan gejala lemak hati.

  • Meredakan nyeri

Robekan kecil pada anus (fissura ani) memang sebuah kondisi yang tidak menyenangkan. Penelitian awal-awal merekomendasikan untuk menggunakan beeswax, madu, dan minyak zaitun untuk diberikan pada sekitar robekan selama 12 jam. Ternyata pengobatan tersebut dapat mengurangi sakit, berdarah, dan gatal akibat fissura ani. Memang diperlukan bukti lebih lanjut untuk melihat efektivitasnya.

Masih berdasarkan Korean Journal of Internal Medicine yang dipublikasikan pada 2014, antiperadangan pada lilin lebah mampu meredakan nyeri pada osteoarthritis. Sekitar 23 partisipan dalam penelitian tersebut mengalami pengurangan nyeri, kaku sendi, dan fungsi fisik.

  • Menghilangkan jerawat

Antibakteri, antiperadangan, dan antioksidan pada lilin lebah dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk kulit berjerawat. Emolien dapat membantu kulit Anda menjadi lembut setelah penyembuhan jerawat. Namun, tentunya bahan ini akan berfungsi kalau Anda menyeimbanginya dengan diet yang sehat dan olahraga yang teratur.

  • Melembutkan bibir yang kasar

Bibir juga termasuk ke dalam kulit, hanya saja kulit bibir lebih tebal dibandingkan dengan kulit di bagian wajah. Jadi, beeswax juga bisa dijadikan untuk pelempap bibir. Tidak menyenangkan bukan, memiliki bibir kering dan pecah-pecah? Madu sendiri bisa dijadikan untuk sebagai bahan scrub bibir, maka untuk membuat pelembap bibir, Anda bisa mencampurkan madu dan lilin lebah.

  • Sebagai lilin relaksasi alami

Bagaimana ceritanya lilin lebah bisa dijadikan untuk mengurangi stres? Tentu kita tidak boleh lupa, nama dari bahan ini adalah ‘lilin lebah’, pastinya bisa dibuat dijadikan lilin relaksasi. Apa bedanya dengan lilin lain? Jelas beda, lilin yang dibuat dari parafin jika terhirup terlalu sering dapat membahayakan kesehatan Anda. Sedangkan beeswaxmerupakan bahan alami dan bebas dari racun ketika asapnya terhirup. Jika Anda membeli lilin relaksasi, pastikan yang mengandung lilin lebah. Selain mengurangi stres, kesehatan Anda pun tetap aman.

Efek samping beeswax

Meskipun lilin lebah tidak beracun, tapi tetap ada efek sampingnya pada kesehatan. Jangan khawatir, efek samping ini berbahaya hanya untuk penggunaan dalam skala besar dan lama. Berikut ini efek samping yang mungkin terjadi:

  • Penghambat usus ketika tertelan dalam jumlah yang banyak
  • Dapat menimbulkan reaksi alergi, apalagi bagi Anda yang alergi terhadap madu dan berbagai produk lainnya. Alergi ini ditimbulkan karena komponen yang disebut propolis dan lem lebah (bee glue). Propolis berasal dari pohon resin yang diketahui mengandung alergen (zat menyebabkan alergi)

Jika Anda sedang hamil dan menyusui, sebaiknya tidak menggunakan bahan lilin lebah ini. Belum cukup informasi yang menunjukkan apakah beeswax aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.

Itu dia deretan Manfaat Beeswax Yang Belum Banyak Orang Ketahui. Semoga artikel yang kami buat dapat menambah wawasan anda semua. Terima kasih telah berkunjung.

Terus kunjungi situs http://manfaatkoloklincapsuleuntukkesehatan.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat mengenai semua yang mencakup kesehatan.

Manfaat Beeswax Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>