Di Indonesia sangat terkenal akan kekayaan rempah-rempah. Jika anda hanya mengetahui rempah yang itu-itu saja, ada baiknya anda Mengenal Beragam Rempah Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan seperti yang kami kutif berikut ini.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal, kami merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami menjualan barang asli 100% bukan barang tiruan, karena kami merupakan distributor resmi Green World Global.

Mengenal Beragam Rempah Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Mengenal Beragam Rempah Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Mengenal Beragam Rempah Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan — Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagaipengawet atau perisa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Rempah-rempah merupakan barang dagangan paling berharga pada zaman prakolonial. Banyak rempah-rempah dulunya digunakan dalam pengobatan, tetapi sekarang ini berkurang.

Rempah-rempah dan manfaatnya

  • Kayu Manis

Kayu manis berasal dari kulit dan cabang-cabang pohon kayu manis atau cinnamomum. Pohon ini asli berasal dari Asia Tenggara , Amerika Selatan dan Karibia. Pemakaian kayu manis sudah digunakan sejak lama untuk beberapa fungsi yaitu:

  1. Membantu mencegah radikal bebas dalam tubuh
  2. Mendorong nafsu makan untuk orang yang sedang sakit atau setelah sakit.
  3. Meningkatkan produksi sel tubuh yang bisa membantu proses metabolisme.
  4. Mengurangi resiko penyakit diabetes dan jantung.

Cara Pemakaian :  Kayu manis bisa dijadikan bumbu masak atau memasukkan kayu manis dalam minuman hangat.

  • Kunyit

Kunyit termasuk sebagai tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Kunyit memiliki rasa sedikit pahit, hangat dan memiliki warna kuning. Tanaman dapat tumbuh sampai setinggi satu meter dan termasuk sebagai tanaman rimpang seperti jahe. Daun berbentu memanjang seperti corong dan bisa digunakan sebagai bumbu masak. Manfaat kunyit antara lain adalah :

  1. Mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan stamina tubuh.
  2. Mengurangi gejala flu dan melancarkan pernafasan.
  3. Mengandung kurkumin yang bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh.
  4. Meringankan rasa sakit persendian.
  5. Melawan penyakit jantung, Alzheimer, dan diabetes.
  6. Menyembuhkan diare dan masalah organ pencernaan.
  7. Menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Cara Pemakaian: Kunyit mentah bisa ditumbuk halus dan airnya disaring lalu diminum. Kunyit juga banyak dijadikan campuran mengolah makanan agar menghasilkan cita rasa yang lezat.

  • Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang dengan karakter rasa yang kuat. Aroma jahe sangat kuat dan bisa menimbulkan efek hangat bila dicampur dengan minuman. Jahe banyak mengandung senyawa kimia yang memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Meredakan gejala batuk, flu dan masalah pencernaan seperti kembung dan berangin.
  2. Memiliki kandungan gingerol yang bisa mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan.
  3. Mengurangi resiko kanker dan tumor.
  4. Menghilangkan rasa sakit pada persendian.
  5. Menenangkan pikiran dan perasaan
  6. Mengatasi mual dan demam

Cara Pemakaian: Jahe bisa digunakan sebagai bahan campuran minuman atau ditumbuk kemudian digunakan untuk menyembuhkan sakit pada sendi.

  • Daun Peterseli

Daun peterseli adalah salah satu daun asli dari kawasan Mediterania. Memiliki bentuk batang yang tegak dan warna hijau yang sangat menyegarkan. Ada jenis daun peterseli yang keriting dan datar. Manfaat daun peterseli adalah sebagai berikut.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
  2. Melawan infeksi dalam tubuh.

Cara Pemakaian : daun peterseli banyak digunakan sebagai campuran hidangan atau mempercantik hidangan, namun jika dikonsumsi daun ini sangat bermanfaat untuk mencegah kanker dan infeksi dalam tubuh.

  • Pala

Pala adalah jenis rempah-rempah yang dihasilkan dari pohon pala atau dikenal dengan nama biologis Myristica fragrans. Pala termasuk salah satu rempah asli Indonesia. Biji pala akan dibungkus dengan cangkang yang keras dan renyah. Pala kering bisa menjadi bumbu atau obat dengan cara di tumbuk atau diparut.

  1. Mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang.
  2. Melawan pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan gigi.
  3. Melawan infeksi dalam tubuh.
  4. Mengandung senyawa anti inflamasi yang bisa menurunkan resiko kanker dan melawan pertumbuhan tumor.

Cara Pemakaian : tambahkan pala dalam hidangan sup atau jenis masakan lain atau menambahkan pala dalam ramuan minuman.

  • Jinten

Jinten memiliki bentuk biji-bijian dan merupakan tanaman asli yang banyak berkembang di kawasan Mediteranian. Bentuk biji jinten kasar, tegas dan aroma yang kuat. Jinten juga banyak diolah menjadi minyak jinten untuk masakan dan banyak digunakan di beberapa negara seperti India, Mesir dan Maroko. Ada beberapa jenis jinten yang bisa digunakan sebagai obat atau bumbu masakan yakni jinten manis, jinten hitam dan jinten hitam dengan kelas lain. Fungsi jinten yakni:

  1. Mendorong produksi zat besi dan mineral tubuh
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Mencegah flu dan demam
  4. Meningkatkan sistem ingatan dan mendorong reaksi otak.
  5. Membantu mengelola ingatan terutama untuk orang lanjut usia.

Cara Pemakaian: campurkan jinten bersama sup atau jenis masakan lain atau dengan sangrai jinten kemudian tumbuk haluk dan gunakan sebagai campuran minuman.

  • Kapulaga

Kapulaga adalah jenis rempah-rempah yang memiliki rasa yang kuat, aroma tajam dan sangat sedap bila dicium. Kapulaga termasuk jenis rempah polong yang memiliki biji. Jenis kapulaga yang paling dikenal adalah kapulaga hijau dan kapulaga hitam. Manfaat kapulaga adalah:

  1. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
  2. Membantu menurunkan potensi pertumbuhan sel kanker dan sel tumor.

Cara pemakaian: kapulaga bisa digunakan sebagai bumbu masakan atau mencampurkan kapulaga yang sudah disangrai dengan teh atau kopi.

  • Adas

Adas merupakan rempah dengan bentuk seperti bola hijau. Biji adas dihasilkan dari bagian batang dekat daun. Tanaman adas termasuk dalam kelas umbellifereae. Fungsi adas antara lain untuk:

  1. Membantu mengatasi sakit perut
  2. Mengurangi gejala flu dan batuk
  3. Menenangkan hidung meler saat flu
  4. Meningkatkan nafsu makan terutama untuk orang yang habis sakit.
  5. Meningkatkan produksi air susu ibu
  6. Menghilangkan rasa nyeri dan lelah saat wanita sedang menstruasi.
  7. Mengatasi berbagai jenis penyakit yang disebabkan karena parasit sepeti malaria.

Cara pemakaian : bisa dicampurkan dalam minuman hangat atau bahan masakan.

  • Bubuk Kari

Bubuk kari merupakan bumbu yang terkenal dengan masakan khas India. Bubuk kari terdiri dari berbagai campuran rempah seperti kapulaga, kayu manis, cabai, cengkeh, jinten, adas, ketumbar, pala, bunga pala, lada, kunyit dan asam. Bubuk kari akan memiliki warna kuning yang menyegarkan. Aroma bumbu kari sangat kuat sehingga sering digunakan untuk bumbu masakan. Manfaat bumbu kari antara lain adalah:

  1. Menekan pertumbuhan sel kanker payudara
  2. Menurunkan resiko kanker lambung dan usus besar.

Cara pemakaian: bubuk kari biasanya digunakan sebagai bahan campuran masakan dan bisa menimbulkan rasa mantap dan sedikit pedas.

  • Lada Hitam

Lada hitam adalah jenis rempah butiran yang memiliki rasa kuat dan sedikit pedas. Tumbuhan lada banyak ditemukan di Indonesia dengan karakter tanaman merambat pada pohon yang lebih tinggi dan kuat. Tumbuhan lada mulai berbunga putih kemudian akan berkembang setelah usia tanaman lebih dari tiga tahun. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari lada hitam.

  1. Membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi.
  2. Membantu tubuh menghambat penyerapan kolesterol sehingga membuat kadar lemak tidak terlalu tinggi.

Cara Pemakaian : lada hitam bisa digunakan sebagai bahan campuran masakan dan biasanya akan menimbulkan aroma dan rasa yang kuat.

Demikian informasi Beragam Rempah Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan. Rempah-rempah menjadi salah satu produk alam yang menjadi komoditi besar di Indonesia. rempah-rempah mengandung bahan alami yang sangat efektif untuk menangani berbagai masalah kesehatan. Pastikan Anda menggunakan rempah-rempah alami yang masih segar untuk membantu pengobatan.

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk update infomasi kesehatan lainnya.

Mengenal Beragam Rempah Indonesia Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>