Mengenal Osteomielitis, Infeksi Pada Tulang Serta Pencegahannya | Tahukah anda apa itu Osteomielitis? Osteomielitis adalah kondisi atau penyakit yang disebabkan karena infeksi pada tulang. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini serta ketahui juga penyebab dan bagaimana pencegahanya.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah dipasarkan di 20 negara. Kami juga melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Mengenal Osteomielitis, Infeksi Pada Tulang Serta Pencegahannya

index

Mengenal Osteomielitis, Infeksi Pada Tulang Serta Pencegahannya – Osteomielitis merupakan infeksi atau peradangan pada struktur tulang akibat terinfeksi bakteri, terutama bakteri jenis staphylococcus aureus. Orang dewasa bisa terinfeksi bakteri melalui luka di sekitar tulang. Selain bakteri, virus dan jamur juga bisa menyebabakan infeksi pada tulang.

Gejala dari Osteomielitis salah satunya adalah adanya  rasa sakit dan nyeri yang terjadi di daerah tulang yang terkena. Infeksi Tulang (Osteomielitis) tergolong  infeksi serius yang membutuhkan pengobatan yang cepat dengan obat antibiotik. Pengobatan dengan jalan operasi biasanya diperlukan jika infeksi menjadi parah atau persisten. Osteomielitis paling umum dapat terjadi  tulang beberapa  panjang di kaki (femur, tibia dan fibula) , tapi bagian tulang lainnya juga dapat terkena, seperti di bagian belakang atau lengan.

Osteomielitis bisa menyerang siapa saja. Pada anak-anak, osteomielitis bisa terjadi pada tulang belakang dari lengan dan tungkai kemudian merambat ke pinggul, pundak, pergelangan tangan, dan lutut. Pada orang dewasa, biasanya terjadi pada tulang-tulang dari spine (vertebrae)atau pada pelvis.

Penyebab Osteomielitis (Infeksi Tulang)

Penyebab terjadinya Infeksi pada tulang (Osteomielitis) adalah bakteri yang disebut staphylococcus aureus, yang biasa ditemukan pada kulit atau di hidung. Jika beberapa kuman ( bakteri ) menetap di bagian kecil dari tulang, mereka dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi. Bakteri bisa masuk kedalam tulang melalui aliran darah masuk ketika seseorang cidera. Osteomielitis dapat terjadi pada orang yang baru saja mengalami patah tulang, baru menjalani operasi tulang, orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, memiliki kelainan darah, atau menjalani dialisis ginjal. Orang yang memiliki kondisi tersebut lebih berisiko terhadap terjadinya infeksi tulang.

Penyebab osteomielitis lainnya adalah sebagai berikut :

  • Kurangnya pasokan darah akibat pembengkakan sumsum tulang sehingga mengakibatkan bagian dari tilang mati.
  • Terbawanya bakteri dalam aliran darah. Infeksi dari bagian tubuh lain terbawa aliran darah dan menyebar ke tulang. Akibtanya, terjadi infeksi di ujung tulang dan di tulang belakang.
  • Memiliki riwayat patah tulang. Bakteri bisa langsung masuk ke tulang pada saat dilakukan proses perbaikan patah tulang dengan menempelkan potongan logam. Organisme juga bisa masuk ke tulang saat dilakukan pembedahan tulang atau dari benda yang terkontaminasi bakteri dan menembus tulang.
  • Mengidap penyakit yang bisa memicu terjadinya infeksi tulang, seperti penyakit diabetes, trauma, hemodialisis, dan penyalahgunaan narkoba.

Gejala Osteomielitis (Infeksi Tulang)

Gejala yang terjai pada orang yeng terkena infeksi tulang, secara umum akan merasakan sakit pada tulang serta mengalami demam. Pada Infeksi Tulang akut gejala, demam terjadi secara tiba tiba, area yang mengalami infeksi biasanya akan membengkak serta lembut saat disentuh, kesulitan bergerak, serta adanya pembenkakan kelenjar getah bening di dekat bagian tulang yang mengalami infeksi.

Sementara itu pada penyakit infeksi tulang kronis, gejala yang dapat terlihat adalah nyeri tulang, perasaan lelah yang terjadi secara terus menerus, nanah mengalir dari saluran sinus ( lorong yang berkembang di dekat tulang yang terinfeksi), pembengkakan pada area infeksi, perubahan kulit, keringat berlebihan serta tubuh mengalami panas dingin.

Pengobatan dan Perawatan Osteomielitis

Dalam mengatasi Infeksi Tulang (Osteomielitis) biasanya pasien akan segera diberikan obat Antibiotik. Tujuannya adalah untuk menghentikan penyebaran membunuh kuman ( bakteri ) yang sering menyebabkan osteomielitis.

Gejala-gejala dapat menetap cukup cepat setelah pasien mengkonsumsi antibiotik. Penderita mungkin harus minum obat selama 4-6 minggu tetapi, jika Anda memiliki infeksi berat, bisa saja pasien harus mengkonsumsi obat antibiotik hingga dua belas minggu. Hal ini untuk memastikan semua infeksi telah hilang dari tulang.

Untuk mengontrol rasa sakit pasien biasanya akan diberi obat penghilang rasa sakit dan jika pasien memiliki infeksi pada tulang panjang ( seperti tangan atau kaki ) Pasien mungkin dilengkapi dengan belat agar pasien tidak terlalu banyak bergerak yang dapat memperburuk kondisi.

Selain diboati dengan antibiotik, sebagian penderita biasanya memelukan operasi dan bahkan harus diamputasi. Operasi dilakukan jika pada infeksi terdapat abses, hal ini karena adanya abses tersebut perlu dikeringkan. Selain itu, operasi perlu dilakukan jika infeksi menekan atau mengganggu pada struktur penting lainnya.Operasi juga perlu dilakukan pada infeksi tulang  (Osteomielitis) kronis.

Pencegahan Osteomielitis

Cara terbaik mencegah osteomielitis adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu seseorang terkena penyakit tersebut. Jika Anda memiliki luka, bersihkan luka tersebut dan tutup dengan perban steril. Jika luka cukup parah, temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selanjutnya periksakan luka tersebut secara rutin sesuai jadwal yang dokter tentukan.

Untuk memperlancar sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh pola hidup sehat adalah dengan banyak mengonsumsi makanan kaya serat dan membatasi makanan tinggi lemak, rutin berolahraga (saran terbaik adalah 2,5 jam per minggu), mengontrol berat badan, serta menghindari rokok dan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya.

Mengenal Osteomielitis, Infeksi Pada Tulang Serta Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>