Mata kering bukanlah satu-satunya masalah kesehatan yang diakibatkan oleh pengguna ponsel dan komputer, Sindrom Carpal Tunnel juga sering terjadi pada orang yang sering menggunakan ponsel dan komputer atau PC. Simak informasi lengkapnya seputar Sindrom Carpal Tunnel Yang Mengintai Pengguna Gadget

Selamat datang kembali di website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan tepercaya yang menyediakan macam-macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Mengenal Sindrom Carpal Tunnel Yang Mengintai Pengguna Gadget

Mengenal Sindrom Carpal Tunnel Yang Mengintai Pengguna Gadget

Mengenal Sindrom Carpal Tunnel Yang Mengintai Pengguna Gadget — Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal) adalah kondisi yang memengaruhi tangan dan jari hingga mengalami sensasi rasa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Gejala yang muncul ini biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan pada malam hari akan bertambah parah. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk.

Awalnya penyakit ini menyerang ibu rumah tangga yang berusia 30 sampai 60 tahun yang disebabkan oleh pekerjaan rumah tangga yang berulang, seperti mencuci piring atau baju, menyapu dan kegiatan lainnya. Namun sekarang juga mempengaruhi banyak orang yang menggunakan komputer dan ponsel setiap hari.

Menurut HIRA (Health Insurance Review & Assessment Service) pasien yang dirawat karena sindrom ini telah meningkat 40 persen antara tahun 2009 dan 2013. Meskipun, sebagian besar pasien masih pada usia 50 tahunan.

Penyebab Sindrom Carpal Tunnel

Pada carpal tunnel syndrome, saluran menyempit karena pergelangan tangan membengkak. Saluran yang mengecil menekan saraf median, yang menyebabkan rasa nyeri dan gejala lainnya.

Menggerakkan tangan dan pergelangan tangan berulang kali dengan cara yang sama, misalnya mengetik, menulis, dan menggunakan mouse komputer, bisa menyebabkan carpal tunnel syndrome. Wanita hamil sering mengalami carpal tunnel syndrome karena perubahan hormon dan penumpukan cairan. Beberapa penyakit, misalnya kelainan otot dan tulang, kekurangan tiroid (hipotiroid), dan diabetes, juga dapat meningkatkan risiko carpal tunnel syndrome.

Gejala Sindrom Carpal Tunnel

Selain sensasi rasa kesemutan, mati rasa atau kebas, dan rasa sakit pada beberapa bagian tangan, berikut ini adalah beberapa gejala lain yang mungkin terjadi.

  • Ibu jari melemah.
  • Muncul rasa sakit pada tangan atau lengan.

Gejala yang muncul bisa terjadi pada salah satu atau kedua tangan sekaligus, tapi pada kebanyakan kasus, CTS akhirnya memengaruhi kedua tangan

Faktor Risiko

Ada banyak faktor risiko yang meningkatkan risiko carpal tunnel syndrome seperti:

  • Jenis kelamin. Carpal tunnel syndrome lebih umum terjadi pada wanita.
  • Kondisi seperti diabetes meningkatkan risiko kerusakan saraf, termasuk kerusakan saraf median.
  • Kondisi bengkak termasuk rheumatoid arthritis, bisa mempengaruhi tendon pergelangan tangan, meningkatkan tekanan pada saraf median.
  • Perubahan keseimbangan cairan tubuh.
  • Kondisi tertentu macam menopause, obesitas, kelainan tiroid, dan gagal ginjal, mungkin meningkatkan peluang terkena sindrom carpel tunnel.
  • Faktor tempat kerja seperti bekerja dengan alat yang bergetar atau di pabrik.

Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome

Terkadang, carpal tunnel syndrome tidak membutuhkan pengobatan khusus dan akan pulih dengan sendirinya. Khususnya pada wanita hamil, CTS akan membaik dalam waktu tiga bulan pasca melahirkan.

Untuk gejala CTS yang ringan dan sedang, bisa ditangani dengan membalut pergelangan dengan papan kecil dan disertai suntikan kortikosteroid. Jika hal ini tidak berhasil, prosedur operasi mungkin akan dilakukan. Operasi penting dilakukan jika dicurigai terdapat kerusakan saraf permanen.

Pemulihan pasca operasi akibat CTS mungkin butuh waktu lama jika kasus CTS yang terjadi sudah cukup parah. Bahkan, ada kemungkinan tidak ada perkembangan dari penanganan yang sudah dilakukan.

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk mengetahui informasi lainnya seputar kesehatan.

Mengenal Sindrom Carpal Tunnel Yang Mengintai Pengguna Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>