Gangguan ingatan sering dikaitkan dengan akibat benturan ataukecelakaan, padahal penyebab hilang ingatan bisa beragam. Berikut Pemicu Gangguan Ingatan Yang Harus Segera Diatasi

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal, kami merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen dan vitamin berkhasiat yang terbuat dari bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami menjualan barang asli 100% bukan barang tiruan, karena kami merupakan distributor resmi Green World Global.

Pemicu Gangguan Ingatan Yang Harus Segera Diatasi

Pemicu Gangguan Ingatan Yang Harus Segera Diatasi — Kita pernah mengalami kehilangan memori jangka pendek. Lupa dimana menaruh kunci mobil, atau nama orang yang baru kita jumpai, wajar. Tapi, kalau lupanya berlangsung terus, amda perlu pergi ke dokter.

Kita dilahirkan memiliki bermiliar-miliar sel otak. Dengan bertambah usia sejumlah sel otak mati dan tidak ada gantinya. Saat bertambah usia, produksi zat kimiawi yang dibutuhkan sel-sel otak untuk bekerja, berkurang. Walaupun memori jangka pendek dan jangka panjang tidak selalu terpengaruh, tapi memori terbaru sering hilang dengan bertambahnya umur.

Kehilangan memori disebabkan banyak hal, antara lain : efek samping obat,cedera di kepala, alkoholisme atau stroke. Masalah pendengaran atau penglihatan dapat mempengaruhi  memori. Demensia (disebut juga senil atau pikun) juga menyebabkan hilangnya memori.

Penyakit alzheimer merupakan bentuk demensia yang paling umum. Gejalanya mencakup hilangnya memori perlahan terhadap peristiwa baru dan kesulitan memperlajari informasi baru, cenderung mengulang-ulang ucapan, perbuatan dan sebagainya, keliru menaruh benda-benda, binging, dan kehilangan arah, kepribadian, kearifan dan hubungan sosial menurun, makin pemarah, cemas, murung, bingung dan gelisah.

penyebab lain kehilangan memori

  • Kurang asam lambung

Vitamin B12 ditemukan dalam daging, ikan, produk susu dianggap berkaitan dengan memori yang sehat. “Kekurangan vitamin B12 terjadi ketika tubuh gagal untuk menyerap cukup vitamin meskipun di usus kecil,” kata Dr Anton Emmanuel, seorang pakar pencernaan di Universitas College Hospital, London.

Penyebab lainnya termasuk anemia pernisiosa autoimun yang membuat tubuh sulit menyerap nutrisi, dan dan penyakit Crohn. Untuk mengatasinya, asup makanan kaya vitamin B12.

  • Tekanan Darah Tinggi

Saat usia Anda masih di bawah 45 tahun dan Anda sering lupa, sebaiknya periksa tekanan darah. Studi Universitas Alabama menemukan para penderita tekanan darah tinggi lebih mungkin mengalami gangguan memori dan berpikir dibanding mereka dengan tekanan darah normal.

  • Hormon tiroid yang kurang aktif

Jika Anda sering merasa lelah, menjadi lebih gemuk, merasa depresi dan sering lupa, itu bisa menandakan hipotiroidisme, suatu kondisi yang memengaruhi 15 dari 1.000 wanita.

Kondisi ini terjadi saat kelenjar tiroid gagal memproduksi hormon yang dikenal sebagai tiroksin. “Hormon ini memainkan peran penting untuk metabolisme energi. Jika jumlahnya tak cukup metabolisme melambat termasuk fungsi otak yang mengingat lebih lama dan cepat lupa,” ujar Richard Ross, profesor endokrinologi di Universitas Sheffield.

  • Menopause

Saat memasuki usia tertentu, wanita kerap merasa lebih pelupa. Studi Universitas California menegaskan bahwa berkurangnya kadar estrogen  saat menopause memiliki pengaruh pada daya ingat. Namun, gangguan memori ini tak bersifat permanen.

  • Migrain

Jika Anda rentan terhadap migrain, Anda lebih mungkin mengalami amnesia global saat berusia di atas 50 tahun. Hal ini terjadi saat Anda dapat mengingat kejadian terakhir hingga 24 jam namun perlahan-lahan mulai melupakan hal itu.

Amnesia ini diperkirakan terjadi sebagai hasil dari cacat pada gen yang menyebabkan penyebaran impuls saraf di otak,kata Profesor Kirkham. “Seiring dengan terjadinya migrain, Anda akan mengalami kelumpuhan memori sementara.”

  • Penerbangan jarak jauh

Melalui perjalanan jarak jauh membuat memori terganggu. Ini akibat kurang tidur yang terjadi konsisten. Namun, studi terbaru di Universitas California menunjukkan, masalah memori dapat terus berlanjut setelah kembali ke jadwal semula. “Gangguan ini kesemuanya berasal dari kurang tidur yang konsisten,” kata Profesor Kirkham.

  • Kemoterapi

Salah satu daftar efek samping yang tidak menyenangkan dari kemoterapi adalah kehilangan ingatan. Setengah pasien kanker payudara yang mengikuti sesi kemoterapi mengaku sulit mengingat selama menjalani pengobatan. Diperkirakan, kemoterapi memengaruhi sel-sel otak sehat, dan mengurangi fungsinya. Studi Universitas Stanford menemukan, pasien kanker payudara yang telah menjalani pengobatan, memiliki aktivitas lebih sedikit pada area otak yang bertanggung jawab untuk memori.

  • Kehamilan

Diperkirakan, gaya hidup dan gangguan dan hilangnya rutinitas saat kehamilan menjadi penyebab wanita memiliki memori yang buruk. Dalam sebuah studi di Australia, wanita yang sedang hamil memiliki ingatan yang lebih buruk terutama mengingat nomor telepon dan nama orang yang baru mereka kenal.

  • Anestesi

Anda tidak akan mengingat apapun saat bangun setelah dianestesi sebelum menjalani operasi. Namun, hal yang sama juga memengaruhi memori lebih lama dari yang diinginkan, mulai dari beberapa hari hingga satu tahun setelah operasi. Studi RS Universitas Florida menemukan 40 persen pasien berusia lebih dari 60 tahun, 12,7 persen mengalami gangguan ingatan selama tiga bulan pascaoperasi.

  • Epilepsi

Kondisi otak yang menyebabkan kejang dapat memengaruhi kehilangan memori. Selama kejang, impuls listrik di otak terganggu. Jika serangan terjadi di daerah tertentu dari otak, seperti hippocampus, akan menyebabkan gangguan memori meski kejang berhenti.

Epilepsi harus diobati dengan segera untuk menghentikan kejang sehingga tidak menimbulkan efek jangka panjang,” kata Profesor Kirkham.

  • Obat Asma dan Arthritis

Kortikosteroid adalah obat yang umum digunakan untuk mengurangi asma dan radang sendi. Penggunaan jangka panjang dalam dosis tinggi, selama enam bulan atau lebih, dapat menyebabkan masalah ingatan, ucap Stephen Bazire, profesor  Universitas Anglia Timur. Kortikosteroid dapat membunuh sel otak, dan area otak khususnya hippocampus menyusut. “Mengganti steroid mungkin dapat mengurangi risiko kehilangan memori.” ujar Bazire

  • Depresi

Kondisi mental ini dikaitkan dengan rendahnya tingkat kimia otak seperti serotonin dan norepinefrin yang memiliki fungsi menyampaikan pesan. Sehingga, depresi juga berfek pada memori. “Pengobatan depresi, yang melibatkan terapi bicara atau tidak, dan berhasil, juga dapat membantu meringankan masalah ingatan,” kata Dr Gross.

Perawatan sendiri untuk memperbaiki memori, yang dapat dilakukan antara lain :
  1. Lakukan secara rutin. Melakukan kegiatan sehari-hari akan lebih mudah kalau dikerjakan rutin. (Pilih waktu tertentu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga: membersihkan kamar mandi hari Sabtu; ganti seprei hari Minggu.)
  2. Latih “otot mental” Anda. Main scrable, isi teka-teki silang, atau kegiatan lain yang mengasah otak.
  3. Berlatihlah. Saat memasuki ruangan, ingat orang-orang yang Anda kenal. Kalau berjumpa seseorang, saat mengobrol ulangi namanya.
  4. Cara mengingat angka. Misalnya, kalau hari ulang tahun istri tanggal 5 Oktober, lakukan sesuatu untuk mengingatkan tanggal itu, misalnya dendangkan lagu Balonku Ada Lima.
  5. Buat asosiasi. Saat sedang mengemudi, cari cici penting untuk mengaitkannya dengan rute Anda dan ucapkan namanya keras-keras agar menempel di otak (“Mau ke rumah Bob, belok di sebelah SMU X”).
    Jangan cemas. Berulang-ulang mengeluhkan hilangnya memori memperburuk memori itu sendiri.
  6. Buat daftar. Catat tugas dan janji penting. Misalnya, bayar tagihan air setiap tanggal 10.

ginkgo biloba plus capsule baik dikonsumsi untuk mereka yang memiliki gangguan ingatan

Ginkgo biloba ini dijadikan bahan utama oleh perusahaan China Green World yang diyakini mampu meningkatkan fungsi otak dan mempertajam daya ingat. Selain itu juga ginkgo biloba mampu memperlancar sirkulasi darah serta membersihkan lemak-lemak yang menumpuk pada pembuluh darah sehingga aliran darah ke otak berjalan dengan lancar dan ginkgo biloba bersifat antioksidan yang baik.

Untuk informasi selengkapnya silahkan klik tulisan berikut ini : Obat herbal kehilangan memori jangka pendek

Itudia informasi mengenai Pemicu Gangguan Ingatan Yang Harus Segera Diatasi. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk update informasi mengenai kesehatan lainnya.

Pemicu Gangguan Ingatan Yang Harus Segera Diatasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>