Mandi terlalu lama atau terkena air terlalu lama pasti menyebabkan jari tangan dan kaki Anda berkerut. Anda pun pasti menyadarinya, namun seringkali Anda mengabaikannya karena hal itu biasa terjadi. Tapi, apa sebenarnya yang membuat jari tangan dan kaki Anda berkerut jika terkena air lebih lama? Inilah penyebab jari tangan dan kaki keriput saat basah

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang melayani pelanggan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Penyebab Jari Tangan dan Kaki Keriput Saat Basah

Penyebab Jari Tangan dan Kaki Keriput Saat Basah

Penyebab Jari Tangan dan Kaki Keriput Saat Basah – Ada fenomena menarik yang selalu terjadi ketika kita menghabiskan waktu lama berendam di bak mandi. Atau berenang di kolam untuk jangka waktu yang cukup panjang. Atau, karena mencuci pakaian atau piring. Jari-jemari tangan dan kaki bisa mengerut dan terlihat seperti keriput. Setelah kita mengeringkannya dan tidak terpapar air lagi, kondisi kulit akan kembali mulus seperti sedia kala.

Bagi sebagian orang, fenomena ini mungkin dianggap mengurangi keindahan tampilan kulit. Tetapi menurut para peneliti, kondisi ini justru memperlihatkan betapa pintarnya tubuh kita. Selain itu, kondisi ini juga dapat memberi perlindungan lebih terhadap beberapa bahaya yang mungkin muncul.

Ini dia alasan kulit keriput saat terlalu lama kena air

Pada dasarnya, kulit di bagian jemari tangan dan kaki akan terlihat keriput karena paparan air dalam waktu yang lama. Reaksi mengerut ini diberikan sebagai sinyal bahwa kulit telah menyerap terlalu banyak air.

Lalu, mengapa kulit berkerut, bukannya malah membengkak seperti balon yang diisi air? Menurut neuroscientist Mark A. Changizi, hal ini juga berhubungan dengan sistem saraf. Pada orang-orang yang memiliki gangguan pada sistem saraf, paparan air tidak akan menyebabkan jemari tangan dan kakinya menjadi mengerut.

Dalam laporannya yang dimuat pada jurnal Brain, Behavior and Evolution, Changizi menyatakan bahwa mengerutnya jemari tangan dan kaki adalah reaksi fisik yang memiliki dua tujuan. Pertama, mencegah air terlalu banyak terserap oleh tubuh, dan kedua, menghindarkan kita dari risiko tergelincir. Reaksi ini, menurut Changizi, bagaikan suatu transformasi dari ban racing (yang lebih licin agar kendaraan melaju lebih cepat) menjadi ban untuk segala cuaca (yang memungkinkan kendaraan melaju dalam kondisi jalan seperti apa pun).

Bagaimana Sistem Saraf Simpatik Bekerja Saat Jari-jari Tangan dan Kaki Terkena Air?

Setelah kita tahu apa Penyebab Jari Tangan dan Kaki Keriput Saat Basah, maka kita harus paham bagaimana cara kerja sistem saraf simpatik. Saat tangan dan kaki kita berada di dalam air atau terkena air terlalu lama, hal ini akan membuat pembuluh darah tepi menegang Mengapa? Sebab sistem saraf simpatik tadi mengalihkan darah ke pusat tubuh serta ke organ dan otot-otot utama. Ketika sistem ini diaktifkan, pembuluh darah yang ada di jari tangan dan jari kaki tersebut akan menyempit sehingga menyebabkan aliran darah akan sulit untuk mengalir ke jari tangan dan kaki.
Jika volume darah yang ada di jaringan lunak jari tangan dan kaki berkurang, maka kulit jari tangan dan jari kaki akan tertarik dan membentuk lipatan-lipatan, inilah yang kita sebut dengan keriput! Jangan khawatir akan hal ini, karena keriput itu tidak permanen dan akan hilang setelah beberapa menit kita keluar dari dalam air atau tangan dan kaki sudah tidak terkena air lagi.

Manfaat jari tangan keriput

Sebuah penelitian dari Mark Changizi, beliau adalah seorang ahli neurobiologi yang berteori bahwa ketika kulit jari tangan berkeriput ketika terkena air, maka kita akan lebih mudah menggenggam benda-benda yang basah ataupun benda yang terendam dalam air. Selain itu, keriput di jari kaki, misal saat kita berenang akan membantu kita untuk mudah berjalan di dalam air karena membuat pijakan lebih baik saat terendam di dalam air.
Itulah Penyebab Jari Tangan dan Kaki Keriput Saat Basah. Jangan takut dan khawatir akan masalah ini karena tidak ada efek apa-apa yang akan terjadi jika tangan anda berkerut. Semoga bermanfaat informasi di atas. Kunjungi terus http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk mendapatkan informasi terbaru dan menarik.

Penyebab Jari Tangan dan Kaki Keriput Saat Basah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>