Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar bahkan sering mengalami sendiri bahwa saat cuaca dingin kita sering buang air kecil. Namun tahukan anda apa Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Cuaca Dingin?

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal. Kami merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan almi berkhasiat tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Cuaca Dingin

Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Cuaca Dingin

Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Cuaca DinginSebagian tubuh kita terdiri dari air. Waktu cuaca panas, kita berkeringat untuk menstabilkan suhu tubuh dan juga menjaga cairan dalam tubuh agar tetap normal.

Saat udara dingin karena hujan yang terus-menerus atau penggunaan pendingin udara yang berlebihan banyak orang yang menjadi lebih sering pergi ke kamar mandi. Nah pertanyaannya adalah, kenapa saat udara dingin ornag jadi lebih sering pipis??

Begini Penjelasannya :

Paparan dingin menyebabkan penurunan aliran darah ke permukaan kulit yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga menghambat keluarnya cairan dalam tubuh dari hasil uap pembakaran energi, sehingga secara tidak langsung tubuh merespon dengan melepaskan cairannya melalui urin dan menjadikan lebih sering buang air kecil.

Di masa lalu para ahli seringkali mengindahkan masalah ini, tapi kini kami memberikan perhatian lebih dan berusaha untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi,” ujar Dr Pablo Gomery, seorang urolog dari Massachusetts General Hospital.

Gomery menambahkan udara dingin memicu peningkatan sensor urgensi (mendesak), tapi hal ini bukan berarti orang tersebut mengalami inkontinensia (orang yang tidak bisa menahan pipis). Dalam kondisi tertentu seseorang bisa saja mengalami rasa urgensi yang besar, seperti karena udara dingin.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Whittington Hospital di London meneliti hampir 2.000 laki-laki dan perempuan mengenai peningkatan rasa urgensi tersebut. Ditemukan dalam kondisi tertentu seperti kelelahan, khawatir, air dan cuaca yang dingin bisa meningkatkan risiko inkontinensia urgensi yang menyebabkan seseorang lebih sering ke kamar mandi.

Studi lain menunjukkan cuaca atau lingkungan yang dingin bisa menyebabkan otot kandung kemih beraktivitas secara berlebihan (overactivity),” ujar Dr Michael O’Leary, seorang ahli bedah urologi di Brigham and Women’s Hospital.

Orang yang sering pipis dalam udara dingin merupakan hal yang wajar sama seperti banyaknya keringat yang keluar saat udara panas. Hal yang penting orang harus tetap mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti banyaknya cairan yang keluar melalui urin agar tidak terjadi dehidrasi.

Tingkat kekerapan yang dialami untuk buang air kecil sangat berbeda setiap orang. Namun wanita lebih dominan dari pada pria dalam melakukan aktivitas ini, sebab volume kandung kemih wanita lebih besar dari pada laki – laki ( saluran kemih wanita lebih pendek dari saluran kemih laki – laki ). Pria memakan waktu lebih lama untuk memenuhi kandung kemihnya sehingga mereka lebih jarang buang air kecil. Akan tetapi factor lain yang mempengaruhi pada frekuensi buang air kecil adalah tergantung banyak – sedikitnya kita minum, cuaca, udara, dan sebagainya. Orang yang sering buang air kecil dalam udara dingin merupakan hal yang wajar sama seperti banyaknya keringat yang keluar saat udara panas. Hal yang penting setelah buang air kecil, orang harus tetap mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti banyaknya cairan yang keluar melalui urin agar tidak terjadi dehidrasi.

Yang bisa dilakukan untuk menjaga suhu tubuh

Agar Anda tak perlu bolak-balik ke kamar mandi saat kedinginan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggerakkan otot-otot tubuh seperti lengan atau kaki. Gerakan yang Anda buat akan menghasilkan panas lebih besar daripada saat Anda gemetar atau menggigil. Dengan suhu yang lebih hangat, tubuh pun diharapkan bisa berfungsi seperti biasanya lagi.

Cara lainnya adalah mengonsumsi makanan pedas yang berkalori tinggi. Selain makanan dan minuman yang panas, mengonsumsi makanan pedas dengan kandungan kalori yang tinggi akan membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Anda bisa menambahkan saus sambal atau cabe pada makanan Anda yang terdiri dari makanan yang berlemak.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan mengenai Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Cuaca Dingin serta yang bisa dilakukan untuk menjaga suhu tubuh pada saat cuaca dingin. Semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs http://manfaatginkgobilobapluscapsuleuntuktubuh.alfianherbal.com untuk update informasi mengenai kesehatan lainnya.

Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Cuaca Dingin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>